Monday, August 15, 2016

5 Perusahaan Entertainment Terbesar Di Korea

Top Entertainment company korea


Korea terkenal sebagai negara dengan salah satu pendapatannya dari industri hiburan. Tak dapat dipungkiri bahwa KPOP yang menjadi industri miliaran dolar pendapatannya. Pasti banyak yang bertanya-tanya perusahaan hiburan KPOP manakah yang terbaik?

Saya akan kasih tahu dan beri sedikit penjelasan, untuk perusahaan terbaik berdasarkan penjualan serta bakat yang dihasilkan. Semua pasti tahu 3 teratas ditempati label Raksasa hebat seperti YG, SM, dan JYP, namun anda perlu tahu di bawah mereka juga ada perusahaan hebat lainnya. Saling bersaing dan saling menunjukkan eksistensinya. Berikut kelima daftar tersebut.

1. SM Entertainment
5 Perusahaan Entertainment Terbesar Di Korea

Beroperasi sebagai label rekaman, agen pencari bakat, biro travel, produksi film, produksi musik, manajemen acara dan perusahaan yang memproduksi konser. Sampai saat ini masih menduduki nomor 1 Perusahaan KPOP Entertanment berdasarkan penjualan serta bakat. Super Junior, Girls Generation, dan Exo telah sukses menjadi sensasi Internasionalnya.

Perusahaan ini memulai dengan Boy band HOT serta Girl band SES, perusahaan telah benar-benar sukses dengan keberhasilan mereka. Setelah HOT dan SES meninggalkan perusahaan, kembali melambung tinggi dengan penyanyi BOA dan lima anggota TVXQ. Dua tahun kemudian perusahaan ini dengan gebrakan besar tunjukkan Super Junior dan lebih besar lagi dua tahun kemudian dengan Girls Generation-nya.

Artis:  BoA, TVXQ, Super Junior, Girls Generation, SHINee, f(x), dan EXO
Harga jual di tahun 2015: $ 280 juta USD
Laba Bersih di tahun 2015: $ 15,3 juta USD

2. YG Entertainment


5 Perusahaan Entertainment Terbesar Di Korea

YG Entertainment  beroperasi sebagai label rekaman, agen pencari bakat, produksi fashion terkemuka, perusahaan kosmetik, manajemen acara dan perusahaan produksi konser, perusahaan produksi musik, dan penerbitan house musik. Begitu mahir perusahaan YG menggeluti bisnis seperti ini. Menjadi leader KPOP bertajuk HIP HOP, yang diawal mantan anggotanya Seo Taiji Boys, Yang Hyun-Suk lah yang mendirikan YG Entertainment.

Telah membentuk dan menciptakan beberapa nama besar di KPOP. Seperti Big Bang, PSY, dan 2NE1 yang mendominasi KPOP hingga saat ini. Big Bang dan 2Ne1 yang dibawah naungannya, yang memiliki karir sukses, dimana YG Entertainment sangat andil dalam peluncurannya. Sejauh banyaknya bakat yang diproduksi, Mungkin SM bisa dibilang miliki jumlah yang banyak daripada YG, tapi YG memiliki kualitas dari semua aspek.

Masalahnya YG sangat cenderung dan konsisten berikan banyak waktu dan uang kepada suatu targetnya saja. Pada tahun 2015 saja, YG investasi hampir 100 juta USD untuk kompleks industri barunya. Dimana akan membangun rumah studio rekaman dan fasilitas kinerja, serta kompleks rekreasi hiburan. Kompleksnya sendiri akan rampung akhir 2018. Memungkinkan YG bersaing dengan SM, ketika jumlah bakat yang dihasilkan makin bertambah.

Artis:  Big Bang, PSY, 2NE1, Lee hi, Epik high dan Jinusean
Harga jual di tahun 2015: $ 165,1 juta USD
Laba Bersih di tahun 2015: $ 20,5 juta USD

3. JYP Entertanment


5 Perusahaan Entertainment Terbesar Di Korea

Beroperasi sama seperti SM dan YG. Seperti label rekaman, agen pencari bakat, perusahaan produksi musik, manajemen acara dan perusahaan produksi konser serta penerbitan house musik. JYP memiliki kantor di luar Korea, misalnya kantor pusat berada di New York dan Beijing.

Pada tahun 2009 mereka meluncurkan Wonder Girls yang hit di Internasional. Mereka menjadi sangat populer, sehingga mereka bisa masuk di book tour bersama The Jonas Brothers. Potensi Wonder Girls menurun sejak menutup markasnya di AS dan Wonder Girls sendiri sungguh tak mampu mengulang kesuksesannya. JYP Entertainment bisa saja jatuh dari Top 5 perusahaan Entertainment Korea di tahun 2017. Jika JYP tidak segera haus akan dahaga persaingan hiburan di korea, kemungkinan popularitasnya akan segera melorot jatuh ke bawah.

Mantan Artis: Rain, Park Ji-Yoon, dan GOD
Artis: Twice, Wonder Girls, 2AM, 2PM, Miss A, GoT7, G.Soul dan Day 6
Harga jual di tahun 2015: $ 43,4 juta USD
Laba bersih di tahun 2015: $ 3 juta USD

4. FNC Entertainment
5 Perusahaan Entertainment Terbesar Di Korea

Bermula hanya sebagai perusahaan yang mengelola musisi. Namun pada tahun 2012 FNC telah memperluas bidang usahanya dan saat ini beroperasi sebagai label rekaman, perusahaan produksi musik, agen pencari bakat, dan perusahaan distribusi musik.

FNC Entertainment juga memanajemen aktor dan aktris untuk film dan acara televisi. Hasil dari manajemennya yang terkenal adalah komedian Variety show bernama Yoo Jae Suk. FNC masih baru dalam industri musik, tetapi mereka telah sangat berhasil hingga saat ini. Dengan menjaga hubungan dengan televisi, mereka harus bisa manfaatkan untuk mengekspos generasi mudanya.

Artis:  CN BLUE, FT ISLAND, dan AOA
Harga jual di tahun 2015: $ 62,4 juta USD
Laba Bersih di tahun 2015: $ 1,9 juta USD

5. Starship Entertainment


5 Perusahaan Entertainment Terbesar Di Korea

Starship Entertainment beroperasi sebagai label rekaman musik. Label ini didirikan pada 2013 dan menjadi yang termuda dalam industri hiburan korea. Namun tunjukkan kesuksesannya hanya dalam waktu singkat. Starship sendiri seperti mengikuti jejak YG Entertainment dengan berfokus lebih pada musik Hip Hop dan pencarian bakat. FNC telah mendapatkan bintang yang hit dalam K-POP Star.

Artis: K. Will, Sistar, Boyfriend, Cosmic Girls, Mad Clown dan Junggigo
Harga jual di tahun 2015: $ 20 juta USD
Laba bersih di tahun 2015: $ 1,8 juta USD

loading...


EmoticonEmoticon