Monday, August 15, 2016

Cara SM Entertainment Menciptakan Bintang KPOP

Cara SM Entertainment Menciptakan Bintang KPOP

Bagi para penggemar SNSD, Super Junior, Shinee, ataupun yang termuda seperti Exo dan Red Velvet. Pasti sudah tahu kan dari mana mereka berasal? Ya, SM Entertainment lah yang menetaskan mereka. SM Entertainment sendiri menjadi Leader perusahaan di Korea dan menjadi contoh dari label lain.

Sejak didirikan pada tahun 1989 dengan nama SM Production, SM Entertainment telah menjadi penghibur dalam skala yang besar dan pengubah mode budaya di Korea. Bahkan Korean Wave/K-pop tidak hanya tumbuh di pasar Asia tapi juga berkembang selama bertahun-tahun di pasar barat.

SM selama beberapa dekade terakhir, terus menyempurnakan seni pengembangan artis. Saat ini perusahaan tersebut miliki band KPOP yang paling populer di luar sana, misalnya EXO dan Girls Generarion. Mereka sebelumnya melakukan proses ketat dalam pelatihannya untuk menjadikan bintang K-pop di masa depan.

SM Entertainment tidak hanya lakukan casting dan melatih senimannya saja, tetapi juga memproduksi dan memasarkan sekaligus memanajemen mereka. Menjadikan SM Entertainment label yang manajemennya paling utama. Mari kita intip lebih dekat, ada empat tahap disaat SM melakukan dan menemukan yang terbaik dari yang terbaik, untuk membuat sensasi global besar berikutnya dalam KPOP.

Casting
SM Entertainment memiliki audisi tahunan yang disebut SM Global Audition di lebih dari 20 kota di seluruh dunia. Itulah sebabnya mengapa Artisnya terdapat campuran kebangsaan yang berbeda, dari Korea dan Amerika serta negara Asia lainnya.

Cara SM Entertainment Menciptakan Bintang KPOP

Pelatihan
Setelah peserta pelatihan dipilih, mereka ditempatkan kedalam "SM Rookies". Sebuah Tim yang akan memungkinkan mereka untuk tumbuh diam-diam dan bertahap, dengan basis penggemar yang kecil tapi berdedikasi. Pertunjukan Pameran Rookie berlangsung di SMTOWN teater. Mereka juga diajarkan keterampilan kinerja panggung, oleh professional sebelum debut resmi mereka.

Proses Produksi
SM Entertainment menguasai Art Content Creation. Mereka melihat tren global terlebih dahulu dan membangun tren berikutnya. Penilaian trennya tidah dari musik saja, tetapi juga di kostum, setting desain, koreografi, dan produksi video musiknya. Bakalan gak rugi pokoknya Artis yang akan dipasarkan.

Pemasaran
SM Entertainment menciptakan SM C&C yang mengenalkan Aktor/Aktris/MC untuk cross marketing. Mereka juga memiliki IB Sports, untuk promosi jalur olahraga. Akhirnya perusahaan ini juga mengembangkan Estem agensi modeling. Dengan cara-cara tersebut, SM Entertainment tidak hanya mampu memasarkan melalui musik, tetapi juga melalui Drama, Tv Show, Olahraga dan Fashion.

Melalui empat tahap itu, SM Entertainment mampu ciptakan bintang KPOP atau Artis yang digemari oleh jutaan penggemar, tidak hanya di Asia tapi diseluruh dunia.

loading...


EmoticonEmoticon