Sunday, August 7, 2016

Profil, Info, dan Fakta Girls' Generation (SNSD)

Girls' Generation (소녀시대; Sonyeo Shidae) atau yang lebih dikenal dengan nama SNSD atau Soshi. Girlband asal Korea Selatan ini dibentuk oleh S.M. Entertainment pada tahun 2007. Grup yang terdiri dari delapan anggota: Taeyeon, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, dan Seohyun. Namun pada 30 September 2014 Girlband ini kehilangan salah satu Vokal utamanya yaitu Jessica. S.M. Entertainment secara resmi mengumumkan bahwa Jessica sudah tidak aktif di Girls' Generation.

Profil, Info, Biodata, dan Fakta Girls' Generation

Di awal karir Girls' Generation sudah mulai menarik perhatian lewat lagu "Into the New World" dan "Kissing You", Di tahun 2009 popularitasnya  naik secara signifikan lewat single "Gee", yang kemudian dijuluki sebagai "Lagu abad ini" di Korea Selatan.

Grup ini semakin memantapkan posisi mereka di industri musik Korea dengan single-single berikutnya seperti "Tell Me Your Wish (Genie)", "Oh!, "Run Devil Run", dan "Hoot". Lalu di tahun 2011, kembali ke kancah musik Korea dengan lagu "The Boys" yang dirilis dalam tiga bahasa: Korea, Jepang, dan untuk pertama kalinya, Inggris.

Dalam rentang waktu lima tahun, grup ini telah berhasil menjual total sebanyak 4,4 juta album dan 30 juta singel digital. Majalah Forbes menyatakan grup ini sebagai most powerful entertainers di Korea Selatan untuk tahun 2011.

Girls' Generation memulai debutnya di kancah musik Jepang pada tahun 2010 di bawah naungan label Nayutawave Records dengan merilis versi bahasa Jepang dari lagu hits-nya "Tell Me Your Wish (Genie)" dan "Gee". Album pertama mereka di Jepang, Girls' Generation yang dirilis pada bulan Juni 2011 merupakan album dari grup asal Korea yang paling banyak terjual dalam sejarah tangga lagu Oricon.


Nama Grup : Girls’ Generation (소녀시대)
Genre: K-pop, Bubblegum pop, Electropop
Label : SM Entertainment, EMI Japan, Interscope
Debut : 5 Agustus 2007
Lagu Debut : Into the New World
Fansclub : SONE, SOSHI

Perjalanan Karir

Sebelum Debut
Pembentukan diumumkan pada 16 Juli 2007 disertai pengumuman resmi profil masing-masing anggota. Nama awalnya Super Girl, versi wanita dari Super Junior. Sebelum menjadi anggota Girls' Generation, mereka sudah dilatih untuk dance dan penyanyi profesional. Di antaranya sudah dilatih di bidang akting dan modeling (seperti Yoona, dan Yuri), serta berpengalaman menjadi model iklan di televisi dan majalah.

Anggota yang mengikuti dulu sistem pelatihan/Trainee S.M. Entertainment adalah Jessica di tahun 2000, dia dan adiknya, Krystal Jung (anggota girlband f(x)), ditemukan oleh pencari bakat di sebuah mall saat sedang berlibur di Korea.

Jessica disusul oleh Sooyoung dan Hyoyeon yang juga masuk ke S.M. Entertainment pada tahun 2000. Sebelumnya, Hyoyeon belajar menari di Winners Dance School, sebuah sekolah dance di Korea Selatan yang terkenal dengan spesialisasi hip-hop.

Sooyoung sudah terlebih dulu menjalani debut di Jepang pada tahun 2002 sebagai anggota dari duo bernama Routeθ. Yuri anggota berikutnya yang diterima di S.M. setelah menjadi juara kedua di kompetisi 2001 SM Youth Best Dancer.

Yoona masuk pada tahun 2002 setelah audisi dengan menyanyi dan menarikan lagu-lagu dari penyanyi favoritnya, BoA dan Britney Spears. Setahun berikutnya, Seohyun mengikuti audisi dengan menyanyikan lagu anak-anak.

Sang Leader Taeyeon , telah direkrut pada tahun 2004 setelah menangkan posisi pertama dalam Lomba Menyanyi SM Youth. Pada tahun yang sama, Tiffany mengikuti audisi di Starlight Casting System SM di Los Angeles, dan bergabung dengan perusahaan di bulan Oktober 2004.

Sunny terakhir masuk grup, yang masuk sistem pada tahun 1998 dan sudah menjalani pelatihan selama lima tahun sebelum pindah ke perusahaan lain, Starworld, di mana dia dilatih untuk menjadi bagian dari sebuah duo bernama "Sugar" yang pada akhirnya tidak jadi debut. Kemudian di bawah rekomendasi Ayumi dia pun kembali pindah ke S.M. Entertainment pada tahun 2007. Sunny juga merupakan keponakan dari pendiri S.M. Entertainment, Lee Soo Man.

2007–2008: Debut dan album pertama
Di bulan Juli 2007, SNSD jalani penampilan pertama tak resmi di Mnet School of Rock, singel pertama berjudul "Into the New World". Single pertama grup ini dirilis tak lama setelahnya, termasuk di dalamnya adalah versi instrumental dari "Into the New World" serta dua lagu lainnya: "Beginning" dan "Perfect for You."

Girls' Generation memulai debutnya secara resmi pada 5 Agustus 2007 dengan tampil di SBS Inkigayo, yang kemudian dilanjutkan dengan penampilan di MBC Music Core dan KBS Music Bank. "Into the New World" meraih posisi no. 1 di M! Countdown.

Grup ini merilis album pertama mereka pada akhir musim gugur tahun 2007 dengan single utama berjudul "Girls' Generation", sebuah daur ulang dari lagu milik Lee Seung-chul. Promosi untuk singel ini dimulai pada awal November. Album juga memuat single pertama mereka "Into the New World", "Perfect For You" (dengan judul baru "Honey"), serta delapan lagu lainnya, dan berhasil terjual lebih dari 100.000 keping.

2009 Gee, Tell Me Your Wish. Tur Asia pertama, dan Peningkatan Popularitas
Single terbaru berjudul "Gee" dirilis. Lagu ini berhasil meraih posisi puncak di seluruh tangga lagu musik digital dalam jangka waktu dua hari setelah dirilis. Seminggu setelah perilisan, "Gee" memperoleh posisi pertama di KBS Music Bank dan SBS Inkigayo.

Single "Gee" menjadi hits fenomenal, memecahkan rekor di Music Bank untuk lagu yang paling lama berada di puncak yakni selama sembilan minggu berturut-turut, serta meraih triple crown di Inkigayo. S.M. Entertainment menyatakan bahwa lebih dari 100.000 kopi album ini telah didistribusikan, sementara perusahaan analisis penjualan Hanteo melaporkan album ini telah terjual lebih dari 30.000 kopi dalam sepuluh hari pertama setelah perilisan.

Setelah rehat sejenak, S.M. Entertainment mengumukan bahwa Girls' Generation akan kembali dengan sebuah album mini baru yang menampilkan konsep "Marine Girl". Singel baru mereka diberi judul "Tell Me Your Wish (Genie)", dan albumnya dirilis secara digital pada 22 Juni 2009.

Grup ini memulai kegiatan promosi pada 26 Juni 2009 dengan tampil di KBS Music Bank, disusul dengan penampilan di MBC Show! Music Core dan SBS Inkigayo. Kemenangan pertama mereka untuk single "Genie" diperoleh pada 10 Juli 2009 di Music Bank, disusul kemenangan kedua di Inkigayo pada 12 Juli 2009. Kesuksesan lagu ini terbukti dengan keberhasilannya memuncaki berbagai tangga lagu digital, termasuk di antaranya Melon, Dosirak, Mnet, dan Bugs.

Pada bulan November 2009, S.M. Entertainment mengumumkan tur konser pertama Girls' Generation bertajuk Into the New World. Tiket untuk konser ini mulai dijual pada 19 November dan berhasil terjual habis hanya dalam waktu tiga menit. Tur dimulai di Olympic Park Fencing Stadium pada 19 dan 20 Desember dan berlanjut ke kota-kota lainnya di Asia, termasuk Shanghai.

2010 Oh!, Run Devil Run, debut di Jepang dan Hoot
Pada bulan Januari, SNSD akan merilis album keduanya, Oh! pada tanggal 28 Januari. Single utama dari album tersebut yang berjudul "Oh!" dirilis secara digital pada 25 Januari disusul dengan video klipnya yang dirilis dua hari setelahnya. Pada tanggal 30 Januari, memulai promosi dengan rekaman MBC Show! Music Core.

Dimulai pada tanggal 11 Maret 2010, foto-foto anggota yang dirilis secara online menampilkan konsep gelap, dijuluki "Black SoShi". Sebuah video teaser dirilis pada 16 Maret, dengan singel baru Run Devil Run dirilis sebagai singel digital pada 17 Maret.

Pertengahan Juni, diumumkan bahwa kelompok itu menandatangani kontrak pada bulan Mei, dan akan mulai bekerja di bawah label rekaman Universal Music Japan, Nayutawave Records Japan untuk promosi mereka di Jepang, dengan singel pertama mereka di Jepang diperkirakan akan dirilis pada bulan September 2010.SNSD mulai promosi di Jepang pada bulan Agustus.

Di Jepang, semua anggota partisipasi dalam SMTown Live '10 World Tour bersama label-mate pada 21 Agustus di Seoul Jamsil Olympic Stadium. Mereka berpartisipasi dalam Shanghai berikutnya, Los Angeles, Paris dan Tokyo.

Nama kelompok ini terdaftar pada daftar Asia Today 50 Korean power leaders for 2011 di nomor 44, menjadi satu-satunya grup idola dari daftar. Girls' Generation ditetapkan "Artist of the Year" oleh Dosirak, Soribada, Korea Gallup, Hanteo dan Sport Korea dan juga memenangkan Best Song of The Year dengan "Oh!" di Monkey 3.

2011: Target Internasional, dan The Boys
Girls' Generation menjadi satu-satunya artis di sejarah musik Korea selain Seo Taiji, Jo Sungmo dan H.O.T. yang berhasil memenangkan penghargaan Artist of the Year dua tahun berturut-turut di Seoul Music Awards.

Girls' Generation menerima gelar Korea's No. 1 Power Celebrity dari Forbes Korea. Mereka tampil di konser ulang tahun ke-50 stasiun televisi MBC, Korean Music Wave in Bangkok di Thailand pada 12 Maret 2011 yang menandai penampilan pertama mereka di Thailand sejak Pattaya Music Festival bulan Maret 2009.

Di 2011 VMAJ, Girls' Generation dinominasikan di tiga kategori yaitu "Best Group Video", "Best Video Of The Year" dan "Best Karaokee! Song". SNSD membawakan dua lagu di acara yang juga dihadiri oleh artis terkenal dunia seperti Lady Gaga tersebut. Pada tanggal 2 Juli, diumumkan bahwa mereka memenangkan dua dari tiga nominasi yaitu "Best Group Video" dan "Best Karaokee! Song" untuk "Genie".

Girls' Generation sedang sibuk dengan tur Asia kedua mereka. Dua konser pertama telah diselenggarakan di Seoul pada 23 dan 24 Juli, diikuti dengan konser di Taipei, Taiwan tanggal 9, 10 dan 11 September, serta di Singapura pada 9 dan 10 Desember.

Pada tanggal 26 September 2011 S.M. Entertainment mengumumkan bahwa Girls' Generation akan kembali dengan album Korea ketiga mereka "The Boys. Girls' Generation menampilkan "The Boys" di Madison Square Garden, pada Oktober 2011.

2012 Promosi internasional, Aktivitas Solo, Sub-Grup, dan Girls & Peace
Pada tanggal 12 Januari 2012, kelompok menghadiri Golden Disk Awards, yang digelar di Osaka, membawa pulang dua penghargaan; "Digital Bonsang" dan sangat didambakan "Digital Daesang".

Mereka tampil di Late Show with David Letterman dan Live! with Kelly pada tanggal 31 Januari, 2012 dan 1 Februari 2012, di mana mereka melakukan remix dari versi bahasa Inggris dari "The Boys",. Mereka juga tampil pada acara Perancis, Le Grand Journal, pada tanggal 9 Februari 2012, setelah ia mengumumkan bahwa mereka akan merilis "The Boys" pada tanggal 13 Februari 2012, melalui Universal Music Group Polydor Records di Perancis. Pada bulan yang sama, Forbes Korea melaporkan daftar tahun ini dari "Top 40 Power Celebrities".

April 2012 melihat pembentukan Girls' Generation-TTS, atau lebih mudah "TaeTiSeo", subunit yang terdiri dari anggota Taeyeon, Tiffany, dan Seohyun. Sub kelompok merilis album mini pertama mereka, Twinkle, pada 2 Mei.
2012: Promosi internasional, Aktivitas Solo, Sub-Grup, dan Girls & Peace
Pada tanggal 12 Januari 2012, kelompok menghadiri Golden Disk Awards, yang digelar di Osaka, membawa pulang dua penghargaan; "Digital Bonsang" dan sangat didambakan "Digital Daesang".

Mereka tampil di Late Show with David Letterman dan Live! with Kelly pada tanggal 31 Januari, 2012 dan 1 Februari 2012, di mana mereka melakukan remix dari versi bahasa Inggris dari "The Boys",. Mereka juga tampil pada acara Perancis, Le Grand Journal, pada tanggal 9 Februari 2012, setelah ia mengumumkan bahwa mereka akan merilis "The Boys" pada tanggal 13 Februari 2012, melalui Universal Music Group Polydor Records di Perancis. Pada bulan yang sama, Forbes Korea melaporkan daftar tahun ini dari "Top 40 Power Celebrities".

April 2012 melihat pembentukan Girls' Generation-TTS, atau lebih mudah "TaeTiSeo", subunit yang terdiri dari anggota Taeyeon, Tiffany, dan Seohyun. Sub kelompok merilis album mini pertama mereka, Twinkle, pada 2 Mei.

2013: I Got a Boy, Tur dunia, dan Love & Peace
Girls' Generation memulai Girls & Peace: 2nd Japan Tour di Kobe pada 9 Februari 2013 dan melanjutkan sampai 20 acara di tujuh kota. Tur dihadiri lebih dari 200.000 orang. Merilis album remix Jepang pertama mereka, Best Selection Non Stop Mix pada 20 Maret 2013. Album menempati nomor 6 di chart album mingguan Oricon.

Girls' Generation merilis singel Jepang kedelapan, "Galaxy Supernova" pada 18 September 2013 bersamaan dengan Girls' Generation -Girls & Peace- Japan 2nd Tour DVD and Blu-ray. Direkam oleh Oricon, singel menempati nomor 1 pada hari perilisannya pada Oricon Daily Single, sedangkan Girls’ Generation’s Girls & Peace: 2nd Japan Tour menempati nomor 1 pada Oricon Daily DVD Chart 18 Desember.

Kelompok merilis album studio ketujuh, "Love & Peace" pada 11 Desember 2013 setelah merilis "Love & Girls", "Galaxy Supernova" dan "My Oh My" pada 2013. Album berhasil debut di nomor pertama pada chart album harian Oricon setelah menjual lebih dari 37.386 eksemplar.

S.M. Entertainment mengumumkan bahwa Girls' Generation akan tampil untuk "SM Town Week" pertama pada 22 Desember 2013. Konser solo Girls’ Generation 22 Desember, disebut, “SMTOWN WEEK GIRLS’ GENERATION – Marchen Fantasy”. Konser akan memiliki tema visual seperti peri, dengan banyak penampilan berbeda dan video penampilan dengan efek.

2014 Mr.Mr Keluarnya Jessica dan The Best
Pada 10 Februari 2014, S.M. Entertainment merilis judul album, tanggal perilisan juga diungkapkan dalam teaser video di saluran YouTube mereka untuk Mr.Mr. dan menjelaskan bahwa lagu akan dirilis pada 19 Februari di berbagai situs portal musik online, sedangkan album akan dirilis pada 24 Februari.

Pada Juli 2014, mereka merilis album kompilasi terbaik Jepang pertama mereka, The Best. Album berisi singel sebelumnya juga beberapa track baru: "Indestructible", "Divine", dan "Chain Reaction". Perilisan ini memuncak di Oricon Albums Chart selama dua minggu berturut-turut dan terjual lebih dari 175.000 eksemplar di Jepang.

Pada 30 September 2014, anggota Jessica mengumumkan bahwa ia dikeluarkan dari grup. S.M. Entertainment mengkonfirmasikan hal ini dan berkata bahwa Jessica bukan lagi anggota Girls' Generation karena konflik antara jadwal Jessica dan grup. Girls' Generation melanjutkan promosi sebagai grup dengan delapan anggota.

2015 Sampai Sekarang, Lion Heart dan Phantasia
Pada Maret 2015, Girls' Generation mengumumkan perilisan pertama dengan delapan anggota; singel Jepang berjudul "Catch Me If You Can". Versi Korea dirilis di seluruh dunia pada 10 April, sedangkan versi Jepang dirilis di Jepang pada 22 April 2015. Singel ini memuncak di nomor 8 pada Oricon Singles Chart dan nomor 19 pada Gaon Digital Chart.

Garden Yoona

Pada Juli 2015, Girls' Generation merilis singel berjudul "Party". Singel debut di nomor satu pada Gaon Digital Chart, dengan penjualan di minggu pertama sebanyak 256.390 unit digital. Juga menempati nomor 10 pada chart Japan Hot 100 dan nomor 4 pada chart World Digital Songs oleh Billboard. Kopian fisik dari "Party", yang berisi track B-side "Check", memuncak di nomor 2 pada Gaon Album Chart. Pada 1 Agustus 2015, Girls' Generation berada pada Billboard Social 50 di nomor 44. Minggu selanjutnya, mereka naik ke nomor 22 pada chart. Pada bulan yang sama, Girls' Generation juga mengumumkan bahwa mereka akan membintangi program realitas, berjudul Channel Soshi, sehubungan dengan comeback mereka.

Pada 12 Agustus 2015, dikonfirmasikan bahwa album studio kelima mereka Lion Heart akan dirilis pada dua bagian dengan hari yang berbeda. Enam lagu baru, termasuk "Party" dan judul track "Lion Heart" dirilis pada 18 Agustus, sedangkan enam lagu baru lainnya, termasuk dalam judul track kedua "You Think", yang dirilis pada hari berikutnya.

Pada 21 dan 22 November, mereka menggelar tur konser keempat mereka, Phantasia in Seoul di Olympic Gymnastics Stadium Seoul. Mereka merupakan girlband Korea Selatan pertama yang telah menggelar empat solo konser. Mereka juga telah memulai Tur Jepang ke-4 di Nagoya pada 12 Desember dan mengadakan Phantasia di Bangkok pada 30 dan 31 Januari.

loading...


EmoticonEmoticon